Masuk

Ingat Saya

Peran Media Online dalam Pencegahan Terorisme

Peran Media Online dalam Pencegahan Terorisme

Blog dan social media (socmed) merupakan bagian dari media online yang bagaikan mata pisau, kadang efektif sebagai sarana pencegahan, terkadang juga dapat dimanfaatkan sebagai kepanjangan tangan kelompok teroris dalam menyampaikan pesan ke publik.

Media online masih terkesan membesar-besarkan efek dramatis terorisme melalui tulisan yang disampaikannya.

Saat ini kelompok teroris juga telah memanfaatkan media sendiri (media alternatif) khususnya media online untuk merespon dan menandingi media mainstream.

Posisi strategis media online sebagai karda terdepan penyampaian informasi dalam pencegahan terorisme adalah dengan cara menyampaikan bahwa aksi terorisme adalah sebuah tindakan komunikasi massa berbentuk kekerasan. Dengan demikian media online dapat merupakan strategi penting dalam melakukan kontra terorisme.

Dari masalah dan posisi media online tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran media online dalam pencegahan terorisme dapat berupa

  1. Media online harus memiliki kesadaran terkait etika dan tanggung jawab moral (sesuai dengan kode etik jurnalistik) terhadap dampak dari tulisan yang mereka sajikan kepada masyarakat.
  2. Tulisan media online diharapkan tidak menimbulkan keinginan dari orang yang membaca atau menyimaknya terkait aksi terorisme tersebut untuk meniru.
  3. Media online juga diharapkan tidak hanya menjadi kepanjangan tangan penyebaran ideologi teror. Namun menjadi sarana yang mencegah penyebaran paham terorisme.
  4. Media online bertindak sebagai pusat edukasi dan informasi penanganan terhadap aktivitas yang mencurigakan dengan tidak menggiring masyarakat untuk memiliki pemahaman yang sama dengan kelompok teroris.
  5. Menjadi sarana untuk mensosialisasikan dan meredam kepanikan masyarakat terhadap insiden terorisme.
  6. Memberitahukan bagaimana langkah-langkah preventif untuk mencegah indikasi aksi terorisme di lingkungan masyarakat.

Dengan demikian peran media online dalam pencegahan terorisme sangatlah penting di zaman keterbukaan informasi dan kemajuan teknologi. Dikarenakan informasi apapun yang berkembang di dunia ini, bisa di dapat oleh siapapun melalui genggaman tangannya alias gadget yang dimilikinya.

Salam damai,
Bambang Herlandi

#DamaiDalamSumpahPemuda

Seorang guru Desain Grafis dan TIK yang aktif sebagai blogger, tergabung di Komunitas Blogger Balikpapan atau yang lebih dikenal dengan B!Blogger (Balikpapan Blogger Community). Mari jadikan blog kita sebagai penyebar virus kedamaian. Salam Damai, Bambang Herlandi